1. Blog/
  2. All About VPN/
  3. Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Menggunakan VPN?

Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Menggunakan VPN?

Baik kamu baru belajar tentang VPN atau sudah lama mengenal istilah tersebut tapi masih belum terlalu yakin apa artinya, artikel ini memberi tahumu rangkuman lengkap tentang VPN, bagaimana sebenarnya fungsinya serta cara penggunaan yang optimal.

Apa itu VPN

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) dibuat berkat protokol penerowongan atau tunnelling, yang biasanya berlapis dan terenkripsi serta merutekan ulang lalu lintas (traffic) pengguna melalui server jarak jauh. Ini membantu mengubah alamat IP milikmu untuk menutupinya sepenuhnya.

Ini juga memungkinkanmu menjelajahi internet berkat koneksi aman ke server itu. Semua aktivitas onlinemu kemudian akan tampak seolah-olah berasal dari server tersebut. Misalnya, jika server yang kamu pilih berada di negara atau wilayah yang berbeda denganmu, koneksimu akan tampak berasal dari sana, sehingga memberimu akses ke konten yang mungkin diblokir di negaramu.

VPN awalnya dikembangkan sebagai salah satu cara bagi pekerja untuk mengakses aplikasi dan file perusahaan dari jarak jauh.

Apa yang tidak bisa dilakukan VPN

Apa yang tidak bisa dilakukan VPN

Pengguna harus tahu, bahwa VPN tidak menganonimkan lalu lintas sepenuhnya. Daripada menyalurkan data melalui server IP pengguna sebenarnya, VPN menggunakan beberapa server berbeda. Hal ini mempersulit seseorang yang mencoba melacak aktivitas pengguna di Internet, namun setiap pengguna harus mengetahui bahwa hal ini juga akan memperlambat lalu lintas web dalam prosesnya. Namun jika pengguna memilih layanan VPN terbaik, kecepatan lalu lintasnya tidak akan terlalu terdampak.

Selain VPN, layanan pemblokiran iklan juga harus digunakan. Ini membuat pengguna yakin bahwa situs web tidak akan dapat melacak pergerakan pengguna melalui cookie, sidik jari browser, pelacak online, dan alat rumit lainnya.

Kenapa saya harus menggunakan VPN

Jadi kenapa harus menggunakan VPN? Biasanya, ada dua alasan utama yang saling berhubungan: privasi dan akses ke konten. Selain dari dunia bisnis, tujuan utama VPN saat ini adalah untuk melindungi identitas online milikmu dengan cara menyembunyikan informasimu. Jadi apa saja yang disembunyikan VPN?

VPN menutupi alamat IP-mu, yang berarti tidak ada seorang pun yang dapat melihat siapa dalang di balik aktivitas onlinemu dan mereka tidak bisa (dengan mudah) melacakmu kembali. Baik kamu mencoba melindungi diri dari pengintaian ISP (Internet Service Provider), Google, Facebook, atau pengiklan online, VPN adalah solusi sempurna. Alasan lainnya adalah untuk mengakses konten yang tidak tersedia atau diblokir di negaramu, yaitu menghindari pemblokiran geografis.

Apa yang dilihat ISP saya ketika saya menggunakan VPN?

Tidak banyak, yang dapat dilihat oleh ISP hanyalah kamu sedang bertukar data terenkripsi dengan server. Mereka tidak dapat melihat data tersebut secara langsung dan jarang mengetahui milik siapa server tersebut atau digunakan untuk apa.

Apakah menggunakan VPN aman

Tapi tunggu dulu, apakah VPN aman? Ya, VPN secara umum dianggap aman. Mereka hanya mengalihkan lalu lintas internetmu ke server yang berbeda dari biasanya. Tentu saja, kamu harus melakukan uji tuntas dan memeriksa reputasi dan kebijakan data layanan VPN. Skenario terburuknya, mereka hanya memiliki akses ke informasi yang sama seperti ISP yang kamu pakai.

Namun mereka tidak dapat melihat konten terenkripsi apa pun seperti kata sandi atau kredensial login atau konten apa pun yang kamu akses melalui situs HTTPS (yang semakin umum). Jika kamu masih mengkhawatirkan data pribadimu, cara terbaik adalah memeriksa ulasan online mengenai kebijakan privasi VPN. Kamu juga bisa menginstal ekstensi browser “HTTPS everywhere” yang bagus.

Apakah menggunakan VPN aman

Apakah VPN bisa digunakan secara gratis

Ada berbagai macam layanan VPN di luar sana, ada yang benar-benar gratis, ada yang tidak, ada yang freemium, ada yang dengan uji coba gratis. Layanan VPN yang menggunakan model bisnis freemium umumnya dianggap sebagai opsi terbaik karena layanan tersebut cukup besar bagi perusahaan untuk menawarkan layanan gratis (tetapi terbatas) sekaligus menawarkan versi berbayar (sehingga memastikan bahwa mereka tidak menggunakan datamu untuk membiayai usaha mereka sendiri). Banyak penyedia VPN yang solid bermunculan dalam dekade terakhir. Namun kami tidak akan berbohong kepadamu tentang VPN freemium terbaik dan VPN gratis terbaik di luar sana, cobalah periksa Planet VPN yang memberikan kecepatan tak tertandingi sekaligus kompatibel dengan semua perangkat dan platform. Kami berjanji bahwa kami benar-benar tidak memihak salah satunya!

Apa itu VPN p2p?

“VPN p2p” tidak ada. Yang dimaksud orang adalah VPN yang digunakan untuk torrent (p2p), untuk mengunduh dan bertukar file. Beberapa VPN tidak mengizinkanmu melakukan torrent di jaringan mereka. Layanan lain memberikanmu koneksi yang berakhir setelah satu atau dua jam (yang tidak ideal untuk pengunduhan torrent). Planet VPN sepenuhnya mendukung torrent dan p2p.

Apakah VPN legal

Kecuali di Cina (yang menerapkan Great Firewall), penginstalan dan penggunaan VPN sepenuhnya legal. Menyembunyikan identitasmu dan menginginkan privasi tentu bukan suatu kejahatan. Memang benar bahwa VPN pada dasarnya tidak ilegal, semuanya tergantung pada penggunaanmu. Kasus ini cukup mirip dengan penggunaan Torrent.

Keuntungan VPN

Jika kamu sudah membaca sejauh ini, kemungkinan besar kamu sudah mengetahui semua kelebihan yang ditawarkan VPN: penjelajahan anonim, menyembunyikan alamat IP dan mencegah pengawasan, mengakses situs web apa pun yang kamu mau dan menghindari pemblokiran geografis, penggunaan jaringan WiFi publik yang aman, dan masih banyak lagi lagi!

Keuntungan VPN

Cara menggunakan VPN

Tidak ada yang lebih sederhana: cukup instal dan nyalakan, layanan VPN akan mengurus sisanya! Perhatikan bahwa biasanya diperlukan waktu beberapa detik untuk memulai koneksi dan menyembunyikan lalu lintas internetmu. Tergantung pada platform yang kamu pakai, kamu akan menerima pemberitahuan setelah koneksi aman.

Bagaimana cara menonaktifkan VPN?

Cukup matikan di aplikasi atau perangkat lunak. Jika VPN yang kamu pakai hadir sebagai ekstensi browser, opsi lainnya adalah membuka halaman manajemen ekstensi dan menonaktifkannya atau menghapusnya sepenuhnya.

Bagaimana cara mengatur VPN

Belajar mengatur VPN sangatlah mudah dengan teknologi modern. Mulailah dengan memilih penyedia VPN pilihanmu dan menginstalnya di perangkatmu. Itu bisa datang dalam bentuk perangkat lunak, ekstensi browser, atau aplikasi. Kamu biasanya harus mendaftar untuk sebuah akun (jangan ragu untuk menggunakan alamat email “sekali pakai”) tetapi terkadang tidak. Selanjutnya, kamu cukup mengaktifkannya. Hampir semua layanan saat ini secara otomatis memilih server terdekat denganmu untuk memastikan kecepatan tercepat. Namun jika kamu mau mengakses konten di negara tertentu, kamu juga bisa memilih negara/server secara manual.

Contoh: Bagaimana cara mengganti VPN?

Jika kamu mau mencari penyedia lain, kamu sebaiknya menginstal VPN baru secara keseluruhan. Namun kemungkinan besar yang kamu mau adalah mencoba mengubah negara/server yang terhubung denganmu. Langkah-langkahnya bervariasi tergantung pada perangkat lunaknya, tetapi biasanya, kamu bisa menemukan daftar negara dan/atau server di menu atau dasbor VPN yang kamu pakai.

Apa saja yang disembunyikan VPN?

VPN menyembunyikan alamat IP milikmu (dengan menggantinya dengan yang baru) dan menyembunyikan aktivitas onlinemu dari ISP-mu.

Apa itu double VPN?

Kamu mungkin pernah mendengar hal ini dan merasa bingung karenanya: jadi apa itu double VPN? Menurut saya, istilah ini dibuat dengan buruk karena menunjukkan kalau kamu dua VPN atau dua layanan VPN, dan hal ini sama sekali tidak benar. Double VPN berarti lalu lintas internetmu dirutekan melalui dua server berbeda (bukan satu) dan oleh karena itu dienkripsi dua kali, sehingga menambahkan lapisan privasi kedua/menyembunyikan datamu. Jadi sebenarnya itu harus disebut Double Server atau Double Rerouting. Ini terinspirasi oleh TOR yang mengirimkan datamu melalui beberapa server anonim berbeda.

Bagaimana cara memeriksa apakah VPN berfungsi

Ada dua cara berbeda untuk memeriksa apakah VPN milikmu berfungsi. Metode pertama yang jelas adalah dengan memulai perangkat lunak atau aplikasi VPN dan melihat apakah perangkat lunak atau aplikasi tersebut berfungsi. Cara kedua adalah dengan memeriksa apakah alamat IP milkmu sekarang berbeda atau apakah traffic atau lalu lintasnya masih berasal dari negara/wilayahmu? Ada lusinan situs web berbeda untuk memeriksa alamat IP-mu seperti whatismyipaddress.com.

Catatan: Untuk memastikan keamanan dan privasimu, kami menyarankanmu untuk selalu menggunakan VPN

Pilih penyedia terbaik dan nikmati privasi tetap terjaga!

Itu dia penjelasan singkat tentang VPN, mudah-mudahan sekarang kamu memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang bisa dilakukan VPN dan cara kerjanya. Langkah terakhir adalah memilih penyedia VPN yang kamu percayai. Lakukan riset, baca ulasan independen, dan periksa kebijakan privasi mereka sebelum menentukan pilihanmu.

Contoh: Bagaimana cara mematikan VPN?

Cukup buka layananmu (aplikasi, perangkat lunak, ekstensi…) dan matikan. Jika kamu kesulitan menemukan tombol log off, kamu juga bisa me-restart perangkatmu.

VPN

Pertanyaan yang paling sering diajukan orang-orang tentang VPN

Apa itu VPN dan kenapa saya memerlukannya?

  • VPN bisa memindahkan traffic atau lalu lintas internetmu ke server sehingga menyembunyikan alamat IP dan identitasmu secara online. VPN adalah salah satu alat termudah untuk diinstal dan membantu menjamin privasi onlinemu tetap terjaga, menghindari pelacak (seperti pengiklan atau ISP-mu) atau mengakses konten yang diblokir secara geografis yang tidak tersedia di wilayahmu.

Bisakah kamu dilacak jika kamu menggunakan VPN?

  • Kebanyakan pelacak (pengiklan, ISP, dan lain sebagainya) tidak akan dapat melacakmu setelah kamu menggunakan VPN. Tentu saja, seperti halnya teknologi apa pun saat ini, pihak yang berkuasa (seperti pemerintah atau peretas) punya cara khusus untuk mengetahui identitasmu jika mereka benar-benar menginginkannya. Namun bagi rata-rata pengguna, VPN berarti privasi penuh.

Bagaimana cara mendapatkan VPN?

  • Kamu cuma tinggal menginstalnya saja! Cukup pilih penyedia (seperti Planet VPN), instal dan aktifkan!

Apa yang dimaksud dengan VPN?

  • Virtual Private Network adalah cara untuk mengakses jaringan pribadi dan aman dari jaringan publik (Internet).