1. Blog/
  2. All About VPN/
  3. Jenis Proxy, Fitur-Fiturnya, dan Segala Sesuatu yang Perlu Diketahui Tentangnya

Jenis Proxy, Fitur-Fiturnya, dan Segala Sesuatu yang Perlu Diketahui Tentangnya

Saat kita menggunakan Internet seperti biasanya, kita menghubungkan perangkat kita secara langsung ke server melalui situs dan aplikasi seluler. Dengan demikian, server mengenali alamat IP pengguna dan lokasinya serta informasi apa pun yang berasal dari IP spesifik tersebut. Penyedia Internet mengakses informasi ini dan menggunakannya untuk tujuan komersial seperti kampanye periklanan, membuat potret kehadiran online pengguna dan kemudian menjual informasi ini ke perusahaan yang lebih besar.

Sayangnya, pada akhirnya hal tersebut bukanlah ancaman terbesar di dunia maya. Ancaman yang jauh lebih besar ditimbulkan oleh peretas yang dapat mengakses data pribadi pengguna melalui koneksi Internet yang tidak aman. Jika kamu tidak menggunakan alat khusus untuk melindungi datamu, kamu bisa dengan mudah menjadi korban peretas. Data target utama para peretas adalah data kartu bank, kata sandi, dan segala bentuk kredensial login milikmu yang bisa membantu mereka mengakses korespondensi pribadi di email atau saluran media sosialmu.

Jenis Proxy

Apa itu proxy-server

Proxy adalah server perantara yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server virtual lainnya. Dengan cara ini kamu diberikan akses ke situs web dengan cara yang jauh lebih aman. Ketika datamu diedarkan melalui server proxy, kamu bisa menyamarkan datamu dari pihak ketiga yang berbahaya, termasuk penyedia internet yang terkadang memblokir situs web tertentu dan kontennya di lokasi geografis spesifikmu. Saat menjelajahi web melalui server proxy, kamu diberikan kemampuan untuk melewati batasan dan mengunjungi situs yang kamu perlukan agar ISP-mu diblokir.

Apa itu proxy-server

Bagaimana cara menggunakan server proxy

Berkat proxy server kita sebagai pengguna internet diberikan kesempatan untuk menjelajah web dengan siapa saja mengintai apa yang kita jelajahi dan informasi pribadi apa yang kita masukkan saat menjelajahi web. Penyedia internet dan pemilik situs web komersial besar tidak akan dapat melacak pergerakanmu di dunia maya, sehingga identitas internet dan data online milikmu benar-benar aman.

  • Caching: Saat kamu sering mengunjungi situs web yang sama, salinan kunjungan halaman web-mu akan dibuat dan disimpan di server proxy. Dengan cara ini ketika kamu mengunjungi kembali situs web mana pun, kecepatan pemuatannya berkurang.
  • Kompresi data: Mesin virtual mengunduh file data dari Internet, dan pengguna mendapatkan hasilnya dalam bentuk terkompresi. Ini menghemat lalu lintas atau traffic eksternal.
  • Kontrol akses: Administrator dapat membatasi akses ke sumber daya tertentu untuk pengguna lain. Opsi ini juga membantu menyaring iklan yang mengganggu dan mengurangi melewatkan perangkat lunak viral.

Bagaimana cara menggunakan server proxy

Jenis Server Proxy

Ada 3 jenis utama server proxy: transparan, anonim, dan terbalik. Di bawah ini kamu akan menemukan rincian rinci tentang masing-masing jenis server dan apa perbedaan di antara semuanya.

  • Proxy Transparan

Proksi terbuka tidak mengubah data pengguna apa pun. Proxy jenis ini menangani semua lalu lintas HTTP dan tidak menutupi alamat IP pengguna. Jenis proxy ini paling sering digunakan oleh administrator sistem di kantor untuk membatasi akses karyawan ke sumber daya web tertentu. Kerugian terbesar dari jenis proxy ini adalah rendahnya tingkat perlindungan data.

  • Proxy Anonim

Proxy anonim mengubah alamat IP pengguna. Dengan cara ini memastikan anonimitas alamat IP pengguna saat dia menjelajahi web. Jenis proxy ini memperlambat proses respons di lingkungan Internet namun pada akhirnya tetap menjaga kerahasiaan pergerakan internet pengguna.

  • Proxy Terbalik

Server proxy terbalik mengekstrak halaman web atas nama klien dari satu atau lebih VM. Pengguna kemudian menerima respons ini seolah-olah datang langsung dari server proxy.

Bagaimana memilih server proxy

Untuk memutuskan proxy yang tepat, kamu harus mempertimbangkan keinginan dan kebutuhanmu akan server yang ditentukan. Di bawah ini kamu akan menemukan daftar hal-hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih server proxy untuk kebutuhan cyber-mu.

  • Lokasi Server – Lokasi server di kehidupan nyata memainkan peran utama dalam efektivitas server proxy. Dengan cara ini ketika menjelajah web melalui server itu, alamat IP virtualmu akan berasal dari negara tempat server proxy sebenarnya berada.
  • Perhatikan bahwa Tidak Semua Server Proxy Sama Bergunanya – Pembatasan mungkin timbul karena pembatasan geografis pada jenis konten web tertentu. Misalnya, sebagian besar layanan torrent gratis diblokir di Amerika Serikat, namun jika kamu mencari di Google dari IP Ukraina atau Rusia misalnya, layanan tersebut akan tersedia.
  • Perhatikan Ping Server- Semakin tinggi nilai ping, semakin lambat permintaan ke dan dari server proxy-mu. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan pemuatan halaman web dan produktivitas jaringanmu secara keseluruhan.
  • Mungkin tidak berhasil. Ini dapat diperiksa dengan layanan online gratis yang membantumu memeriksa status server proxy tertentu. Mereka menganalisis proksi untuk ketersediaan, jenis dan negara. Dimungkinkan untuk menguji proxy IPv6 individual.

Metode untuk memastikan keamanan di lingkungan online

Selain hanya menggunakan server proxy, ada banyak teknologi perlindungan data lain yang tersedia untuk memastikan keamanan maksimal bagi identitas onlinemu. Salah satu yang paling populer adalah Virtual Private Network yang juga dikenal sebagai VPN. Berkat penggunaan enkripsi data dan sejumlah langkah keamanan lainnya, pengguna dapat menjelajahi web dengan sangat aman. Proxy dan VPN melindungi pengguna internet dari pihak ketiga yang berbahaya seperti peretas dan perangkat lunak spionase yang mungkin ada pada beberapa ISPS (Penyedia Layanan Internet). Kedua teknologi tersebut mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Apa perbedaan antara VPN dan server Proksi

Perbedaan utamanya adalah kedua teknologi ini berbeda. Keduanya ditujukan untuk menyelesaikan masalah keamanan, namun VPN adalah jaringan virtual dan proxy adalah protokol aplikasi. Prinsip kerjanya juga berbeda. VPN bekerja pada tingkat jaringan (saluran): koneksi dibuat tanpa perantara. Kamu bisa merasa aman dan nyaman bekerja melalui jaringan virtual saat kita terhubung ke wi-fi publik. Saat terhubung ke VPN, datamu dienkripsi dan tidak ada informasi pribadi milikmu yang akan dibobol oleh pihak ketiga yang berbahaya. Berkat VPN, pengguna tidak hanya melindungi datanya, tetapi juga melindungi perangkatnya dari perangkat lunak virus yang berbahaya.

VPN

Keuntungan penggunaan: server proxy dan VPN

Perbedaan utama antara teknologi ini adalah tingkat keamanan yang diberikannya dalam berbagai kondisi. Baik VPN maupun proxy dapat menyembunyikan alamat IP klien serta data pribadi. Namun berkat VPN, pengguna akan bisa mendapatkan serangkaian langkah keamanan, yang tidak ada saat menggunakan server proxy. Untuk lebih memahami mana di antara keduanya yang lebih baik untuk digunakan, perlu mempertimbangkan semua kelebihannya. dan kontra dari keduanya.

  • Privasi Online

VPN melindungi informasi pribadi (seperti kata sandi situs dan perangkat) dari malware dan peretas dengan mengenkripsi semua data yang dikirimkan. Proxy tidak dapat menjamin tingkat keamanan setinggi ini dan tidak selalu dapat menyembunyikan pergerakan dan kata sandimu secara online. Karena alasan khusus tersebut, VPN menang dalam jangka panjang dalam hal keamanan siber.

  • Kecepatan pemrosesan permintaan

Jaringan pribadi virtual (Virtual Private Network), juga dikenal sebagai VPN tidak meningkatkan kecepatan pengunduhan di situs. Tergantung pada jenis enkripsi data dan protokol transmisi yang digunakan, VPN sebenarnya dapat memperlambat koneksi Internetmu hingga 30%. Namun jika klien terhubung ke jaringan publik, VPN adalah alat paling andal untuk melindungi informasi pribadi. Server perantara belum tentu mempengaruhi kecepatan koneksi karena kurangnya enkripsi. Namun kecepatan pemrosesan permintaan dapat dipengaruhi oleh jumlah pengguna yang menggunakan satu VM secara bersamaan.

  • Keamanan di Internet

VPN cenderung memiliki algoritma enkripsi data hingga 256-bit. Artinya kuncinya terdiri dari 256 file biner dan terdapat 2 kombinasi yang benar. Hal ini mempersulit peretas untuk memecahkan kunci dan mengakses informasi pribadi pengguna. Proxy juga mampu memberikan suatu bentuk keamanan online, namun tidak sebanding dengan apa yang ditawarkan VPN. Hal utama adalah pengaturannya berisi opsi untuk menyembunyikan alamat IP klien dari situs web dan penyedia layanan internet. Jika opsi ini tidak ada, kamu perlu menyambungkan VPN tambahan ke browser yang kamu pakai untuk meningkatkan tingkat keamanannya.

Mana yang Harus Kamu Gunakan, VPN atau Proxy?

Saat kamu mengunjungi situs dari komputer di rumah, penyedia layanan internetmu memproses permintaan hak akses ke sumber daya web. Faktanya, terserah padamu untuk memutuskan apakah kamu bisa mengakses beberapa halaman web. Dengan kata sederhana, server proxy adalah sistem yang mengubah aktivitas pengguna di browser, menyembunyikan lokasi sebenarnya. Koneksi VPN juga memberikan perlindungan selama koneksi dengan mengirimkan data dalam bentuk terenkripsi.

Kenapa kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan server proxy:

  • Menyaring permintaan: Server proxy yang bisa dipakai untuk mengakses situs web yang diblokir dan juga menetapkan batasan untuk pengguna lain dalam jaringan server proxy.
  • Perlindungan data: Jika kamu menjelajah internet langsung dari alamat IP asli, kamu benar-benar membiarkan datamu terbuka untuk peretas. Keamanan komputermu, atau perangkat lain akan berkurang sebanyak x3-x4 kali.
  • Anonimitas Jaringan: Server proxy mungkin menyembunyikan alamat IP-mu yang sebenarnya. Dengan cara ini mesin virtual yang menjalankan situs target tidak akan dapat mendeteksi lokasi fisikmu.
  • Memproses Permintaan: Berkat caching pada server proxy-mu akan menikmati kecepatan penelusuran yang cepat dibandingkan dengan kecepatan VPN. Semua server proxy mengurangi jumlah lalu lintas yang datang dari layanan web yang ditargetkan.

VPN juga menawarkan semua yang ditawarkan server proxy + enkripsi lalu lintas datamu dan saluran aman untuk transmisi data keluar. Saat kamu terhubung ke VPN, kamu menyembunyikan lokasi sebenarnya dan melindungi semua datamu dari pihak ketiga yang berbahaya.

Server Proxy vs VPN

Server Proxy vs VPN: Membuat Pilihan Tepat untuk Privasi dan Keamanan Onlinemu

Dalam bidang privasi dan keamanan online, server proxy dan Virtual Private Network (VPN) memainkan peran penting, namun keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Memahami perbedaan ini penting untuk membuat pilihan yang tepat guna melindungi aktivitas onlinemu.

Server proxy:

Server proxy bertindak sebagai perantara antara perangkatmu dan internet. Saat kamu meminta laman web atau sumber daya, permintaan tersebut akan meneruskan permintaan tersebut atas namamu, sehingga menutupi alamat IP-mu. Server proxy sering digunakan untuk:

  1. Anonimitas: Mereka dapat menyembunyikan alamat IP-mu, sehingga mempersulit situs web untuk melacak aktivitas onlinemu kembali.
  2. Akses Konten: Server proxy dapat membantu mengakses konten yang dibatasi wilayah dengan merutekan lalu lintas internetmu melalui server di lokasi yang diinginkan.
  3. Kecepatan: Mereka dapat menawarkan kecepatan lebih tinggi karena tidak mengenkripsi data seperti VPN, yang dapat menyebabkan penurunan kecepatan koneksi.

VPN (Virtual Private Network):

VPN menciptakan terowongan yang aman dan terenkripsi antara perangkatmu dan server VPN. Enkripsi ini memastikan lalu lintas internetmu tetap pribadi dan aman. VPN memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Peningkatan Keamanan: VPN mengenkripsi datamu, sehingga sangat sulit bagi pihak ketiga, termasuk peretas dan ISP, untuk mencegat dan memantau aktivitas onlinemu.
  2. Anonimitas Penuh: Mereka menyembunyikan alamat IP milikmu sekaligus mengenkripsi datamu, menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan proxy.
  3. Perlindungan pada Wi-Fi Publik: VPN sangat penting untuk melindungi datamu saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, mencegah potensi ancaman dunia maya.

Memilih antara server proxy dan VPN bergantung pada kebutuhan spesifikmu. Jika kamu memerlukan anonimitas dasar dan akses konten, server proxy mungkin cukup. Namun, untuk keamanan yang kuat, privasi