1. Blog/
  2. All About VPN/
  3. Protokol VPN: Apa Itu Dan Dimana Digunakannya

Protokol VPN: Apa Itu Dan Dimana Digunakannya

Untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu protokol VPN, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu VPN. VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi yang memungkinkan kita melapisi traffic atau lalu lintas internet masuk dan keluar di antara beberapa jaringan, sehingga mencakup jejak onlinemu yang sah. Protokol VPN diperlukan untuk menjelajahi web dengan aman, terutama saat menyambung ke hotspot wifi pihak ketiga yang tidak aman di tempat umum mana pun. Saat menggunakan VPN, semua datamu dienkripsi, sehingga memastikan tidak ada lalu lintas keluar atau masuk dari perangkatmu yang dapat dikompromikan. Dengan cara ini datamu berada dalam penguncian aman yang memberikan hampir 0 peluang bagi pihak ketiga yang berbahaya untuk mendapatkan datamu.

Protokol VPN

Apa itu Protokol VPN

Protokol jaringan VPN adalah layanan komprehensif yang menyediakan koneksi aman antara dua perangkat atau lebih. Ini adalah seperangkat standar untuk menyandikan informasi dari perangkat digital pengguna ke server web dan sebaliknya. Protokol VPN memiliki karakteristik berbeda yang membantunya tetap efektif dalam kondisi dunia maya. Misalnya, IKEv2 ideal untuk teknologi stasioner, sementara ada protokol lain yang lebih cocok untuk perangkat portabel. Agar pengguna web biasa dapat lebih memahami apa itu protokol VPN, penting bagi mereka untuk memahami nilai sebenarnya yang diberikan oleh protokol VPN.

Sederhananya, protokol VPN adalah teknologi di balik Virtual Private Networks yang menentukan rute mana yang paling aman untuk traffic atau lalu lintas internet masuk dan keluar, bergantung pada lokasi dan perangkatmu. Dan hanya untuk memastikan bahwa kamu aman saat menjelajahi web dengan kemampuan VPN tertinggimu, pastikan kamu menggunakan jenis alat VPN yang tepat. Jika kamu menjelajahi web melalui PC atau laptop, gunakan plugin VPN untuk browsermu. Jika kamu menjelajahi web melalui smartphone milikmu, pastikan kamu memakai aplikasi VPN untuk iOS atau Android.

Apa Itu Enkripsi VPN

Enkripsi VPN adalah sejenis teknologi yang mengenkripsi data yang seharusnya terbuka untuk umum, mengubahnya dari format yang mudah dibaca dan diakses menjadi kode terenkripsi. Enkripsi membuat data yang masuk dan keluar tidak dapat diakses oleh pihak ketiga mana pun yang berbahaya secara online, dan satu-satunya cara untuk mendekripsi datamu adalah dengan menggunakan kunci yang sesuai. Berkat enkripsi data, informasi online yang dikirim dan diterima pengguna dilindungi dari pihak ketiga mana pun, bahkan penyedia internet mereka. Secara keseluruhan, penting untuk menggunakan enkripsi VPN setiap kali kamu menggunakan web saat terhubung ke wifi publik yang tidak aman. Saat itulah kamu dan datamu berada pada kondisi paling rentan.

Jika kamu menjelajahi web tanpa VPN dan terhubung ke hotspot wifi publik yang disusupi, pihak ketiga yang berbahaya akan dapat menentukan lokasi tempatmu berada dan bahkan memperoleh informasi pribadimu. Hal ini tidak hanya mengancam data pribadimu tapi juga memberikan peluang bagi perangkat lunak berbahaya untuk menyusupi komputermu.

Apa Itu Enkripsi VPN

Protokol Apa yang Digunakan Oleh Planet VPN

Planet VPN adalah penyedia VPN yang andal dan menawarkan penggunanya kesempatan untuk menjelajahi web dengan aman dan terjamin tanpa batasan apa pun, baik secara geografis maupun kecepatan. Dengan Planet FreeVPN kamu bahkan bisa melewati batasan apa pun yang dibuat oleh penyedia Internet, sehingga memungkinkanmu menelusuri konten online apa pun yang kamu mau tanpa batas.

Planet VPN Termasuk:

  • Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP)– yang disebut protokol terowongan VPN point-to-point, yang melaluinya PC membuat sambungan aman ke server.
  • Layer 2 Tunneling Protocol atau Internet Protocol Security (L2TP/IPSec) – protokol tunneling tingkat kedua, dengan enkapsulasi, yang memungkinkan aplikasi berinteraksi dalam waktu lama.
  • OpenVPN– adalah protokol VPN yang menyediakan komunikasi aman antar pengguna jaringan.
  • Internet Key Exchange v2 (IKEv2) adalah protokol VPN yang menyediakan komunikasi aman antar pengguna jaringan.

VPN

Rekomendasi Cara Menggunakan Protokol VPN

Setiap protokol VPN berisi algoritma individual untuk menyandikan informasi. Sebaliknya, hal ini memengaruhi kecepatan pemrosesan permintaan dan memastikan tingkat keamanan dalam jaringan. Tergantung pada kebutuhan online pengguna, kamu bisa menunjukkan Protokol VPN mana yang diperlukan.

Berikut ini ringkasan singkat tentang dua jenis Protokol VPN

  • PPTP

Protokol PPTP adalah yang paling populer di kalangan pengguna Internet. Klien dapat menggunakan protokol PPTP untuk mengirim data dari PC atau perangkat seluler apa pun melalui terowongan VPN. Perangkat secara otomatis diautentikasi dengan kata sandi.

Keuntungan: PPTP nyaman bagi pengguna, karena tidak perlu membeli peralatan tambahan untuk membuat kunci rahasia. Ini adalah protokol sederhana yang memastikan operasi stabil di lingkungan online. Mudah dipasang bahkan untuk pengguna non-profesional.

Kekurangan: Protokol dengan enkripsi yang lemah, dan perlindungan yang lemah terhadap kunci yang dikirimkan. Tidak disarankan untuk berbagi informasi rahasia.

Rekomendasi Cara Menggunakan Protokol VPN

  • L2TP/IPSec

L2TP/IPSec sangat mirip dengan protokol RTR. Namun, fitur pembeda utamanya adalah L2TP/IPSec sebenarnya menjamin privasi data. Enkapsulasi ganda digunakan: L2TP itu sendiri, yang tidak menyediakan enkripsi, digunakan untuk transfer data, dan tunneling disediakan oleh protokol IPSec, sehingga dinamakan L2TP/IPSec

Keuntungan: pengguna dapat mengkonfigurasi protokol L2TP/IPSec pada perangkat seluler dan stasioner dengan perangkat lunak iOS, Windows, Linux, dan Android. Dukungan protokol dibangun di semua sistem operasi.

Kekurangan: karena protokol L2TP/IPSec berisi opsi keamanan tambahan, menggunakan enkapsulasi, kecepatan koneksi jaringan berkurang.

  • OpenVPN

Protokol OpenVPN membuat koneksi terenkripsi ke web global. Ini bukan protokol murni, tetapi solusi protokol VPN sumber terbuka lengkap yang dapat dengan cepat mentransfer data dan mengautentikasi perangkat milikmu. Protokol transfer UDP dan TCP digunakan untuk bertukar informasi terenkripsi. Penggunaannya ditentukan oleh hasil akhirnya: koneksi aman yang andal atau kecepatan tinggi? Penggunaan UDP menyiratkan pertukaran data yang cepat, di mana verifikasi array paket data yang dikirimkan, atau lebih tepatnya, perbandingan jumlah paket yang dikirim dan diterima, terjadi pada tahap terakhir. Ini adalah solusi optimal saat bekerja dengan koneksi internet cepat. Koneksi TCP menyiratkan konfirmasi instan penerimaan setiap paket yang dikirim. Untuk meningkatkan keandalan, protokol ini digunakan jika terjadi kemungkinan penyumbatan lalu lintas, serta jika koneksi tidak stabil.

Keuntungan: kode terbuka, memungkinkan penggunaan transmisi non-standar dan pengaturan enkripsi, sehingga tidak mungkin mendekripsi enkripsi bahkan untuk layanan khusus. OpenVPN memberikan kinerja yang efisien dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Menurut para ahli, ini adalah solusi terbaik untuk membuat jaringan virtual pribadi saat ini.

Kekurangan: Instalasi OpenVPN sedikit lebih rumit, seperti halnya dengan protokol lain. Tidak ada sistem operasi pendukung bawaan, dan perangkat lunak pihak ketiga diperlukan untuk menggunakannya.

  • IKEv2

Protokol IKEv2 adalah protokol VPN modern dari Cisco dan Microsoft. Hal ini memungkinkan pembuatan terowongan langsung dengan IP rahasia antara klien dan server. Dalam protokol IKEv2, kamu bisa menggunakan algoritma kriptografi secara fleksibel. Pengguna memilih cara yang paling nyaman untuk mengenkripsi data. IKEv2 juga memberikan perlindungan yang andal terhadap serangan DoS, yang merupakan keuntungan tak terbantahkan bagi pemilik sumber daya web. Selain itu, IKEv2 cocok untuk dipasang di berbagai perangkat, termasuk router.

Keuntungan: Ini dianggap sebagai protokol transfer data tercepat karena bekerja pada tingkat kernel OS. Ini dioptimalkan untuk sistem dengan kinerja yang relatif rendah dan komputer serta perangkat seluler berdaya rendah.

Kekurangan: tidak semua sistem operasi didukung.

Membandingkan Protokol VPN Umum: Mana yang Lebih Tepat untukmu?

Membandingkan Protokol VPN Umum: Mana yang Lebih Tepat untukmu?

Membandingkan protokol VPN umum sangatlah penting untuk menentukan protokol mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, karena masing-masing protokol menawarkan fitur dan tingkat keamanan unik:

  1. L2TP/IPsec: Dikenal karena kesederhanaannya, Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) dengan IPsec adalah pilihan yang baik bagi pengguna yang mencari kemudahan penggunaan. Protokol ini memberikan enkripsi yang kuat tetapi mungkin kurang aman dibandingkan OpenVPN.
  2. IKEv2/IPsec: Protokol ini terkenal dengan kecepatan dan keandalannya, sehingga ideal untuk perangkat seluler. Protokol ini bisa dengan cepat menyambung kembali ke server setelah peralihan jaringan, memastikan koneksi yang konsisten.
  3. SSTP: Dikembangkan oleh Microsoft, Secure Socket Tunneling Protocol (SSTP) adalah pilihan yang sangat baik untuk pengguna Windows. Ini sangat aman karena menggunakan enkripsi SSL/TLS, tetapi ketersediaannya mungkin terbatas pada platform non-Windows.
  4. PPTP: Meskipun cepat, Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) dianggap kurang aman karena adanya kerentanan. Cocok untuk pengguna yang mengutamakan kecepatan dibandingkan keamanan, namun sebaiknya dihindari untuk aktivitas sensitif.
  5. WireGuard: Protokol baru yang mendapatkan popularitas karena kecepatan dan keamanannya. WireGuard menawarkan enkripsi yang kuat dan terkenal dengan efisiensinya.
  6. IKEv1: Versi IKE yang lebih lama, IKEv1 kurang aman dibandingkan penggantinya (IKEv2) namun mungkin masih didukung oleh beberapa layanan VPN.

Protokol VPN yang tepat bergantung pada prioritasmu, faktor-faktor seperti keamanan, kecepatan, kompatibilitas perangkat, dan kemudahan penggunaan sangat menentukan. Disarankan untuk memilih layanan VPN yang menawarkan beberapa opsi protokol, sehingga memungkinkanmu beralih berdasarkan kebutuhan spesifikmu. Selalu pasangkan pilihanmu dengan penyedia VPN tepercaya dan pertahankan pengalaman online yang aman.